Selasa, 18 November 2008

I. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SATUAN BRIMOB DAERAH KALIMANTAN TIMUR.


Tahun 1950 Berdasarkan perintah Kepala Kepolisian Negara (KKN ), pada kepolisian detasemen di Samarinda dibentuklah Mobile Brigade Karesidenan yang anggota-anggotanya diambil dari anggota TNI dan dari anggota Polisi Detasemen Samarinda, dengan Komandan Kompi AIP. I ABDURACHMAN. Kemudian berdasarkan perintah dari Kepala Kepolisian Negara, Karesidenan di pindahkan ke Balikpapan.
Kemudian pada tahun 1951 satu kompi Mobrig dari Banyubiru Jawa Tengah memperkuat Mobrig Kalimantan Timur dipimpin oleh AIP. I. R. SUPANGKAT.
Pada tahun 1959 sampai dengan 1964 seiring perubahan nama Mobrig menjadi Brimob, Mobrig yang ada di Kaltim tergabung di Resimen VIII Kalsel, dibawah Batalyon 823 berkedudukan di Banjar Baru dan Kompi 5137 berkedudukan di Balikpapan.
Pada tahun 1972 berdasrkan perintah Korps Brimob Pusat Resimen VIII Brimob Kalsel dibubarkan dan Kalimantan Timur yang tadinya Kompi dibentuk Batalyon 836.
Dan pada tahun 1973 namanya dirubah dari Batalyon 836 menjadi Batalyon “K”, pada tahun 1975 dari Batalyon “K” dirubah menjadi Satuan Brimob yang di Komandani Mayor Polisi R. SOEJONO.
Demikian sejarah singkat Satbrimob Polda Kaltim sampai pada masa sekarang Satbrimob Polda Kaltim mempunyai 8 Kompi yang berkedudukan 4 Kompi berada di Balikpapan bergabung dengan kesatuan Induk 2 kompi di Samarinda, 2 Kompi di Tarakan. Dengan jumlah Personil 871.